Cara Menyimpan biji Kopi Hijau

Manfaat Biji Kopi Hijau

Tak hanya biji kopi sangrai yang harus disimpan dengan baik, tetapi biji kopi hijau (green bean) juga harus dengan cermat disimpan agar kualitasnya tak berubah.

TAK hanya perkara biji kopi hijau setelah roasting atau bubuk kopi saja yang harus diperhatikan penyimpanannya, tetapi biji kopi hijau pun harus diperlakukan dengan kehati-hatian yang sama. Untuk kita yang mungkin hanya penikmat kopi saja hal ini tidaklah penting. Tapi untuk siapa saja yang bergelut di bisnis kopi, penyimpanan biji kopi hijau ini harus benar-benar diperhatikan. Salah menyimpan biji kopi hijau tentu akan mempengaruhi kualitas kopi di dalam cangkir nantinya.
Oleh karena itu, perlu tips tentang menyimpan green bean agar terjaga mutunya.

Simpan Pada Suhu Ruangan Tertentu

Kopi bagaimana pun adalah buah. Dan green bean sendiri juga bagian dari buah yang harus mendapat perlakuan spesial khususnya mengenai suhu tempatnya disimpan yang harus benar-benar dijaga. Suhu terbaik untuk menyimpan biji hijau adalah suhu yang tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Kira-kira suhunya adalah sekitar 19’C – 27’C. Suhu istimewa ini dipercaya akan menjaga kualitas biji hijau dengan maksimal sampai sesaat sebelum disangrai. Ruangan dengan kelembaban tinggi sangat tidak disarankan untuk menyimpan biji kopi hijau karena akan mengganggu kualitas biji kopi hijau. Jamur dan bakteri bisa saja menjangkit green bean.

Gunakan Wadah Penyimpanan yang Tak Terkontaminasi

Umumnya biji kopi hijau (green bean) disimpan di wadah seperti goni atau karung yang bersih. Wadah ini sudah sangat cukup untuk menjaga kualitas biji kopi hijau itu sendiri. Tapi, harus diingat goni atau karung ini harus benar-benar bersih dan usahakan adalah wadah yang baru bukan bekas dari penggunaan bahan makanan lain. Semisal kamu memiliki goni atau karung bekas beras, bawang atau makanan yang meninggakkan bau. Hal ini fatal sekali jika menjadi tempat penyimpanan kopi. Karena aroma dan rasa dari bahan sebelumnya akan memengaruhi rasa kopi.

Jangan Terkena Sinar Matahari Langsung

Selain tempat yang lembab, sinar matahari langsung juga musuh dari biji kopi hijau. Jadi jika kamu ingin kualitas biji kopi hijau sempurna, jauhkanlah dari sinar matahari. Jika kamu menyimpannya pada ruangan yang memiliki jendela, maka jauhkanlah dari jendela tersebut karena pancaran sinar matahari berbahaya bagi kualitas biji kopi hijau.

Simpan Pada Wadah yang Berpori

Kopi juga butuh bernapas. Menyimpan di wadah tertutup boleh saja tetapi ingat bahwa biji kopi hijau membutuhkan lubang pori atau ventilasi agar perputaran udaranya bisa lancar. Ini berguna agar biji kopi hijau tetap bagus dan sebelum disangrai sudah mencapai kualitas yang diinginkan.

This entry was posted in BLOG and tagged , , , , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *